CARA PENANGANAN KUTU ANJING/CAPELAK



Penanganan kutu caplak,Kutu anjing,Membasmi kutu dirumah

DARI MANA YA KUTU CAPLAK BERADA DIRUMAH DAN DI ANJING ?



Kutu capelak atau juga yang dikenal dengan sebutan ticks ini merupakan salah satu jenis kutu yang sering kali mengganggu anjing anjing bahkan kitapun merasa jijik kalau melihat capelak ini sudah sedemikian banyaknya., yang kadang kadang sampai menjalar pada dinding rumah, terlebih kalau sampai menjalar keruang tamu dengan kemungkinan akan bercampur dengan makanan dan kemungkinan binatang ini berpindah pada manusia sebagai penghuni rumah.
Kutu kutu penghisap darah pada anjing ini dan juga menghisap darah pada manusia kalau sampai menjalar atau berpindah tempat kepada manusia, biasanya tidak mudah untuk dibunuh atau dibasmi apa lagi pada waktu musim subur bagi mereka.
Oleh karna itu sangat cepat pertumbuhannya dan perkembangbiakannya mereka,
Masa inkubasi kutu kutu ini adalah antara 7 – 22 hari.
Didaerah tropis bertelur antara 2 – 36 minggu, mereka dapat hidup sekitar 21 sampai 27 bulan, sehingga dapat dibayangkan kalau sampai selama 2 tahun anjing anjing kesayangan anda dirubungi oleh penghisap darah ini
Setelah telur telur binatang ini menetas menjadi capelak capelak yang kecil sekali,maka keluarlah mereka mncari tempat persembunyian pada anjing anjing terutama pada tempat yang yang tidak mudah dilihat, yakni di antara sela sela jari kaki,telinga,leher juga pada pelupuk mata anjing.

Capelak capelak betina ukurannya lebih besar dari pada yang jantan, memiliki warna lebih coklat dengan kaki kaki halus sebanyak 8 kaki, badan berkulit tebal mengandung citine sehingga menyebabkan sukar sekali dimatikan dengan cara menekan /memijit, sementara yang betina akan bulat atau oval dengan warna biru kelabu.

Capelak yang jantan biasanya senang membonceng pada yang betina sehingga sering kali kita menemukan sekaligus dua acaplelak yang saling berhimpitan,dengan yang jantan berada disebalah bawah yang betina.
Mereka biasanya mengadakan sex beberapa kali, setelah itu biasanya yang betina terjatuh meninggalkan tubuh anjing tempat entah pada dinding dinding rumah atau pada sela sela kursi, meja yang memungkinkan mereka pindah tempat pada pakaian anda dan lalu mereka bertelur serta menetaskan telurnya.yang entah berapa banyak jumlahnya.
Setelah itu yang betina mati meninggalkan anak anaknya berkeliaran mencari tempat pada anjing anjing yang ditemukannya sampai anak anak yang betina bertemu dengan yang jantan dan membikin anak lagi

PENANGANAN


Apabila pada tubuh anjing anjing ada keluar sedikit darah akibat bekas gigitan kutu ini , sebaiknya anda cepat cepat memberikan sedikit Jodium-tincture atau alcohol supaya anjing anjing itu tidak sampai menjadi borok, akibat anjing menggaruk karna masih merasa gatal. Dan dari luka itu menimbulkan infeksi yang biasa membahayakan nyawa anjing itu sendiri.

Memandikan anjing anjing tersebut dengan menggunakan SHAMPOO dicampur dengan
OBAT KUTU ,dan dibiarkan kira kira 15 menit. Dan baru dibilas dengan air bersih serta dibilas kembali dengan shampoo murni kemudian dibersihkan kembali dengan air bersih

Akan tetapi dengan pemberian obat kutu pada anjingnya sendiri jhuga tidak cukup untuk membersihkan kutu kutu yang sudah terlalu banyak berada didalam rumah ,sehingga kita juga harus membersihkan dengan cara menyemprotkan obat kutu mis . OBAT KUTU pada sela sela dibagian rumah.pot pot bunga ataupundinding dinding pembatas rumah maupun dinding dinding selokan, atau menyemprotka dinding rumah yang berbatasn dengan tanah. Sehingga kutu kutu yang ada mati.sehingga anjing anjing dan rumah kita benar benar bersih dari kutu capelak tersebut.


Cara penyemprotan dengan menggunakan OBAT KUTU berbahan deltametrin dan Cypermectin ini sangat ampuh guna memprotek rumah kita dari serangan kutu kutu capelak, karna aroma deltametrin ini menyerap pada dinding selokan atau dinding pembatas rumah kita. Sehingga dengan adanya aroma tersbut kutu kutu capelak tidak mau datang lagi.

KUTU KUTU CAPELAK BIASANYA KELUAR DARI TANAH PADA SAAT PERGANTIAN MUSIM.


Penulis

DARRYL

Dilarang Mengutip dan memindahkan artikel ini ke WEB lain tanpa izin penulis atau menghilangkan nama penulis dan apa bila terjadi pemindahan ke web lain  cantumkan nama serta link ke web ini, Terima kasih



33 komentar:

  1. om Darryl,
    saya mau tanya nih...
    saya baru beli anjing pom umur 2bln...
    setelah nyampe di rmh saya liat anjing saya garuk" terus...saya periksa ada semacam ketombe di kulit nya...terus saya periksa lagi ternyata anjing saya itu kutuan :'(
    saya udah matiin beberapa kutunya...saya periksa udah ga ada lagi sih tp saya ga yakin juga...takut nya tuh kutu ngumpet hehe..
    gimana ya cara ngilangin nya..? katanya sih anjing ku blm boleh mandi dulu..
    bingung nih,aq br pertama nih pelihara puppy...aq kasian sm anjing ku..
    tolong saran nya ya..??
    terima kasih

    BalasHapus
  2. Anak anjing umur berapa saja boleh dimandikan, asal langsung dikeringkan saja, anak labrador saya usia 3 minggu sd lelepin di bak mandi semuanya pada sehat ,jd ngak maslah, untuk kutunya, sekarang lagi musim, krn sedang panca roba, sehingga kutu tanah pada keluar dari tanah,dan mampir dirumah rumah,sehingga anjing yg dapat memberikan kehidupan, kutu senang menempel pd anjing tsb,dan dpt berkembang biak dng cepat dalam jumlah banyak.
    yang penting dikontrol saja untuk di anujingnya. apa bila ada timbul lg, segera dp protek rumahnya dng dalmatrin. jd bila anjing anda kutuan berarti rumah anda sedang terserang kutu capelak, dan bukan anjing pembawa kutu. OK ?bila kuramg jelas, jangan sungkan dan silahkan comment kembali.

    Salam

    Darryl

    BalasHapus
  3. bener bs ngilangin kutu ya? soalnya di rmh saya ada anjing yg kutunya parah bgt dr plg kecil sampe plg besar kyk di picture contoh kutu smuanya ada di anjing saya...
    alternatif seperti suntik kutu,grooming smuanya ga ada yg mempan selain itu anjing saya ini bkn anjing pribadi tp anjing tetangga yg ga terawat jd suka ke rmh saya...
    anjing ini jg pernah skt tumor lemak di dekat alat kelaminnya tp sdh di operasi..
    skrg saya pelihara anjing tekel,anjing saya uda mulai kena kutunya,saya takut nanti anjing saya jg kutuan..
    terima kasih...

    BalasHapus
  4. Pada dasarnya kutu kutu itu datang dari luar rumah kita, bs jg dari halaman rumah kita, pd pergantian musim ini memang banyak kutu kutu yang keluar dari tanah berpindah tempat yang aman baginya, kebetulan kutu tersebut hinggap pd anjing yg dapat memberikan kehidupan pd dia, sehingga kutu tsb , berkembangbiak dan semakin banyak, jalan keluar bersihkan kutu dari anjing tsb, dan rumahnya dibasmi dengancara semprot, diseluruh halaman rumah, pot bunga serta ditumpukan benda benda, dinding kiri kanan rumah, pagar luar dan dalam, serta selokan dpn rumah (lewatkan 1 rumah kiri dan kanan) lantai jg dipel setiap hari, dengan adanya aroma obat kutu, sehingga kutu tdk mau datang,yang kena obat kutu mati. demikian yang dapat saya sampaikan danterima kasih atas kunju8ngannya

    Salam

    Darryl

    BalasHapus
  5. Dear Om Darryl,

    apakah obat kutu ini tidak apa jika terjilat? aku piara 3 pom2, 1ekor 9th, 2ekor masi 3 bulan.
    mereka bermain ber 3, tidak aku dikandangi. jika aku kasi obat kutu ini lalu mereka bermain bersama, apakah tidak ada masalah jika terjilat saat mereka bermain?

    lalu jika rumah ku disemprot dengan obat kutu itu juga, mereka kadang suka jilat dan gigit perabotan rumah , apakah tidak masalah jika terjilat ?

    Mohon sarannya ya Om,
    Terima kasih

    BalasHapus
  6. sekiranya kutu dari anjing itu berpindah kepada manusia macam mana mahu mengatasi masalah kutu dibadan manusia dan adakah cara yang praktikal untuk menangani masalah tersebut serta apakah ubat yang sesuai untuk membunuh kutu-kutu itu dengan pantas?????

    BalasHapus
  7. sekiranya kutu anjing berpindah kepada manusia..apakah langkah-langkah yang praktikal dan berkesan untuk membunuh kutu trsebut dibadan manusia dengan cepat? adakah ubat yang sesuai dan cepat menghilangkan kutu dibadan manusia? bagaimanakah caranya untuk mengatasi masalah kutu yang berada dibadan manusia?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bila kutu caplak berpindah ke manusia, cukup dicabuti saja dan dibakar dengan korek api. dan untuk sebaiknya dirumah di semprot dengan menggunakan Obat KUtu, krn saat menghujan kutu kutu pada keluar dari tanah dan berpindah tem,pat dirumah kita.

      Salam
      Darryl

      Hapus
  8. Iya pak.. delmatetrin apa tdk bahaya kl dijilat sama anjing..
    Soalny sama ada pelihara 3 anjing smuany berkutu..bn parahny udah nyebar ke lingk rumah.. m
    Mau suntik kutu.. dokter hewan d daerah saya tdk berani untuk yg 2 anjing besar..
    Jd percuma suntik kutu..

    Tlg dibalas pak.. benar2 urgent..

    Thx

    BalasHapus
  9. Pak gimana klo kutu"nya bisa memempel d kasur dan d tmpat"lain yv kita ga tau??apa d pel dengan karbol bisa membasmi kutu itu???anjing ku aa kutu itu sampai badannya borokan apa mandiin jamur bisa membasmi d badannya ya??tolong balas

    BalasHapus
    Balasan
    1. bila kutu caplak sudah sampai dikasur, berarti hrs semprot ke area, terutama dibawah tempat dtidurnya, serta bawah lemari dan belakang lemari tempat persembunyannya. anjingnya dapat diinjek dengan ivervet. jd tdk usah dimandikan dan obat berdiam dipembulu darah, dan bila kutu menghisap darah kutu akan mati sendiri,obat bekerja selama 14 hari. dengan demikian kutu dirumah akan bersih dengan sering menyemprotkan obat kutu.
      SAlam
      Darrylkosambipet

      Hapus
  10. Om darryl, golden saya umur 2thn kena sakit seperti ketombe, kerak putih yg jika dikelupas kulitnya jd merah, bulunya rontok dan kasar, sekarang hanya menyerang bagian punggung. Apa itu ciri-ciri scabies? Bagaimana cara penyembuhan yg efektif?

    BalasHapus
  11. Dear Om Darryl.
    Anjing aku maltese kan, baru-baru ini anjingku kena kaya kutu" kecil di badannya. Bisa dibilang cukup banyak. Abis itu dia juga susah banget makan sama minum. Dikasih apa aja ga suka. Apakah masalah kutu itu berhubungan sama nafsu makan yg berkurang?
    Thanks om. Mohon di jawab:)

    BalasHapus
  12. obat tetesnya ditetes ditengkuk anjing maksudnya di leher bagian atas ya om???

    BalasHapus
  13. Saya sudah terkena caplak, alhasil saya bentol2 dan gatal kemudian cepat sekali merambat. Apa yg harus saya lakukan terhadap diri saya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasakan untuk rajin mandi 2x sehari mbak

      Hapus
    2. Jalan terbaik dengan menyemprotkan area rumah dengan OBAT KUTU ,terutama untuk di area taman rumah,selokan dan tumpukan kayu atau barang di pinggir pinggir rumah,kursi kursi dikeluarkan dan dibersihkan, semprotkan pada bagian bawah kursi rumah,untuk pel lantai OBAT KUTU dapat dicampur dengan 15 lt air dan di pel kan kelantai rumah bagian dalam,sisa air obat kutu buang pada lubang selokan di bagian paling belakang rumah,agar obat kutu mengalir ke saluran selokan, untuk dinding pembatas rumah di antara dinding dan lantai biasanya suka ada retak,dan tuangkan Obat kutu pasda bagian retak tsb, disana juga tempat keluarnya kutu kutu caplak.

      Salam
      Darrylkosambipet

      Hapus
  14. iya pak .... apakah obat kutu itu tidak papa jika terjilat atau masuk ke dalam tubuh anjing saya pak darryl??...

    BalasHapus
  15. ya namanya pembunuh kutu, bila anjing menjilati pasti teracuni lah, biasanya bila mandikannya tidak bisa anjing akan menjilati air saat membilasnya, bila digunakan untuk spray area anjing tidak mau dekat apa lagi sengaja menjilat area yang disemprotkan.jd tergantung cara penggunaannya.
    terima kasih atas kunjungannya
    SAlam
    Darrylkosambipet

    BalasHapus
  16. Mas, obat diatas sudah tersedia di apotik gak ? pusing lihat anjing kutuan, sudah 1 batalion menyerbu badannya, sudah disemprot pakai baygon, cuka apel, kapur barus, tetap tak ada berkurang, sekarang kutu-kutu itu sudah mulai menyerang rumah, solusi sekarang diberi anjing itu makan amoxilin 2 tablet per hari, sudah lumayan mengobati luka di tubuhnya & kutu-kutu sebagian lari gak tahan menghisap darah campur amoxilin. masalahnya saya vegetarian gara-gara gak mau bunuh binatang, sekarang tiap hari saya bunuh kutu anjing paling tidak 10 kompi kutu anjing, kalau lagi pembersihan sampai satu batalion kutu anjing sekitar 10.000 kutu anjing sekali bunuh dimandikan pakai minyak lampu, kalau sebegitu banyaknya, apakah ada cara yang lebih baik, atau kita tangkap & bunuh jenderal kutu anjingnya biar anggota kutu anjingnya kabur. tolong rumah & anjing semua diserang kutu anjing, mayday

    BalasHapus
    Balasan
    1. UNtuk kutu Caplak memang agak sulit bila dengan baygon,gunakan OBAT KUTU yang berisi Deltametrin dan Cypermectin, cukup semprotkan di area taman dan selokan rumah, dengan Obat kutu isi 5 ml campur air 5 sp 10 lt, dan seminggu kemudian diulang kembali krn telur kutunya tidak mati, dan harus diulang kembali saat telur kutu menetas.

      Salam
      Darrylkosambipet

      Hapus
    2. obat kutu yg mengandung bhn tsb itu merk apa?

      Hapus
  17. Belinya dmn obat yg mengandung itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa telpon / WA di 085100155621
      darrylkosambipet

      Hapus
  18. Belinya dmn obat yg mengandung itu?

    BalasHapus
  19. Pak Darryl,jelasnya NAMA OBAT KUTU ANJING yg menurut bapak, APA NAMANYA??

    BalasHapus
  20. Saya mau tanya kemarin kan saya ketemu caplak di anjing saya ,saya paksa cabut caplak dari badannya dan besoknya saya langsung botakin+mandi kutu, dan akhirnya baru terlihat kalo ada luka di bekas gigitannya apa bahaya ? Mohon diinfo ya..

    BalasHapus
  21. Om darryl mau tanya kalo abis digigit caplak terus ninggalin luka jadi kyk koreng gitu bahaya ga yah? Soalnya kmrn saya ga tau itu caplak,asal tarik berkali" sampai lepas..

    BalasHapus
  22. Saya mau tanya kemarin kan saya ketemu caplak di anjing saya ,saya paksa cabut caplak dari badannya dan besoknya saya langsung botakin+mandi kutu, dan akhirnya baru terlihat kalo ada luka di bekas gigitannya apa bahaya ? Mohon diinfo ya..

    BalasHapus
  23. Saya punya anjing mix dan dia sudah tidak makan seharian saya khawatir karena td pagi aku memandikan anjingku lalu nampak capelak di tubuhnya kemudian saya mengambilnya dengan tangan kosong setelah itu capelaknya gua matiin kemudian saya cuci tangan apa dia gak selera makan karna capelak itu,saya mohon solusinya dong

    BalasHapus
  24. Saya punya anjingmix umur 3bulan tadi pagi saat aku mandikan dia tiba2 nampak caplak kemudoan saya mengambil caplak tersebut dengan tangan kosong setelah saya dapat caplak tersebut saya matikan lalu saat saya berikan di makan saat jam makan dia tak mau kyk tak selera tolong lah solusinya

    BalasHapus
  25. Sedih lihat piaraan aku yg jenis /ras maltese penuh dgn bulu, dan skrg penuh dgn kutu, setiap diambil kutunya, hri ini habis, dan keesokan harinya malah bertambah banyak. Saya belum sempat membawanya ke dokter spesialis binatang. Apakah jenis obat kuti yg tepat utk piaraan saya ini. Apakah ada obat yg bisa lsg dimakan atau diminum piaraan saya yg langsung bisa membasmi kutu kutu tersebut. Krn sepertinya ini jadi wabah kutu dibadannya. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kutu caplak yang berada pada anjing, adalah kutu kutu dari tanah dan banyak keluar dissat pergantian musim, dan kutu kutu tersebut menyerang pada anjing ,krn anjing memberikan kehidupan pada kutu casplak tersebut,jalan terbaik menyemprotkan OBAT KUTU ke area taman rumah, agar kutu caplak mati, sehingga bersih dari kutu dirumah anda, untuk dianjingnya sebaiknya menggunakan obat injek derngan menggunakan IVERDEK, dengan adanya obat injek berdiam dipembulu darah dan bekerja selama 2 minggu ,maka kutu caplak yang menghisap darah yang mengandung obat, maka kutu caplak di anjing akan mati dengan sendirinya.
      demikian masukan dari saya semogah dapat membantu.
      Salam
      Darrylkosambipet.com

      Hapus

CARA MEMBASMI KUTU DIRUMAH

Semprotkan OBAT KUTU pada semua area dan bagian pinggir taman, serta pot pot bunga dimana kutu kutu caplak dan tungau berdiam.

Tuangkan OBAT KUITU pada area selokan rumah dimualai dari lubang selokan yang paling belakang rumah dan semprotkan selokakan didepan rumah anda. dimana tempat kutu kutu berdiam.

Semprotkan OBAT KUTU pada dinding pagar serta bagian pinggir pagar rumah dimana kutu kutu berdiam.

Untuk penyemprotan ulang dilakukan 1 minggu kemudian untuk mematikan kutu kutu caplak yang baru menetas, karna telur kutu tidak dapat mati dengan semua jenis obat kutu.